Rabu, 05 Maret 2014

Psikodiagnostik #1



Psikodiagnostik #1
Rabu 05 Maret 2014

            Pertemuan awal mata kuliah psikodiagnostik.
sebelum masuk ke materi, diawal kuliah mas seta memberlakukan aturan-aturan dikelas yang berlaku bagi semua mahasiswa pada jam dan mata kuliah psikodiagnostik: minimal keterlambatan masuk kelas 30 menit, kehadiran 75%-100%, pengumpulan tugas individu untuk review hanya 24 jam dan untuk tugas  literatur materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya terakhir pada hari minggu. Untuk penilaian keaktifan dikelas dan tugas individu 60% UTS&UAS masing-masing 20%.

Psikodiagnostik berasal dari dua suku kata yaitu psikologi dan diagnostik. Lalu apa definisi dari psikodiagnostik itu sendiri?
Sebelum mahasiswa memahami apa definisi dari psikodiagnostik, mas seta memberikan pertanyaan pada mahasiswa “apa psikodiagnostik itu?”. Namun tidak ada satupun dari mahasiswa dikelas yang tepat menjawab pertanyaan mas seta. sehingga mas seta  mencoba menjelaskan psikodiagnostik secara terpisah.
 yang pertama mas seta mencoba menjelaskan arti psikodiagnostik dari pengertian psikologi secara umum yang berguna untuk memberikan gambaran/konsep awal kepada mahasiswa apa itu psikodiagnostik? sehingga mahasiswa dapat dengan mudah memahami arti psikodiagnostik itu. Yang kedua mas seta mencoba membuka ingatan mahasiswa tentang apa definisi psikologi dan sejarah awal berdirinya psikologi?  ketiga mas seta menjelaskan arti diagnostik itu secara terpisah juga? Lalu yang keempat penyatuan dua pengertian antara psikologi dan diagnostik lalu menggabungkannya menjadi satu sehingga mahasiswa memahami pengertian dari psikodiagnostik itu sendiri.
“Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya”  
itulah salah satu definisi dari psikologi. “kenapa salah satu?”. Ya. Jika kita lihat dari sejarah awal psikologi sebelum menjadi ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri yang terlepas dari filsafat dan ilmu faal. Definisi psikologi selalu berbeda-beda karena hampir semua sarjana psikologi modern mempunyai definisinya masing-masing. Hal itu tidak lepas dari banyaknya ranah kajian ilmu psikologi sehingga para sarjana psikologi mempunyai definisi yang berbeda-beda sesuai ranah yang digeluti. Bahkan perbedaan definisi itu sendiri terus berlangsung sampai sekarang.
dari penjelasan mas seta tentang diagnostik dan psikologi dikelas tadi, saya menangka bahwa psikologidiagnostik itu  adalah “suatu cara untuk menentukan kelainan-kelainan yang tampak  berdasarkan gejala  awal yang terlihat dengan menggunakan pendekatan psikologi bisa wawancara atau observasi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar